SISTEM INFORMASI MANAGEMEN SMA NEGERI 2 BANTUL

Senin, 26 Jul 2021

SISTEM INFORMASI MANAGEMEN SMA NEGERI 2 BANTUL BERBASIS ANDROID, IOS, DAN WEB

 “E-Ngaruhke SMADABA”

 

Diera Revolusi industri 4.0 memberikan dampak perubahan yang cukup signifikan dalam bidang teknologi digital (digitalisasi). Masuknya teknologi digital (digitalisasi) sebagai era baru peradaban manusia adalah  sebuah keniscayaan. Manusia suka atau tidak suka harus berani menerima kenyataan bahwa digitalisasi sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan.

Sebagai  awalnya tentu saja era digitalisasi ini akan menyebabkan disrupsi pada  aspek dan bidang kehidupan yang selama ini sudah mapan. Dunia pendidikan pun merasakan disrupsi akibat  digitalisasi. Saat ini kita sudah mulai terbiasa mendengar dengan pembelajaran online. Artinya  proses pembelajaran formal bukan lagi pilihan satu-satunya.

Kalau dulu para siswa belajar dan ujian dengan paper (kertas), kini pelan tapi pasti basis teknologi komputer mulai menggeser. Diharapkan para guru mulai  sekarang tidak lagi hanya sekedar mampu menguasai materi pelajaran  tetapi juga harus mampu menguasai teknologi.

Selain itu pengelolaan manejemen sekolah juga mulai bergeser dari berbasis kertas menjadi berbasis teknologi digital , seperti pembayaran menggunakan virtual account yang bisa dibayarkan melalui transfer antar bank, mesin atm, pihak lain seperti indomaret, alfamart dan lain-lain.

Banyak kesulitan atau masalah yang dapat dipermudah atau diatasi dengan peran teknologi informasi. Teknologi ini disebut teknologi smart school. Smart School adalah aplikasi sekolah yang mengintegrasikan seluruh sistem dibangun dalam sebuah sekolah yang mampu mengefektifkan dan mengefisiensikan proses kerja.

SMA Negeri 2 Bantul mengimplementasikan smart school pada aplikasi yang dirancang sesuai kebutuhan siswa, guru, dan wali siswa yang di berinama “e-ngaruhke smadaba”. Dengan kehadiran aplikasi ini diharapkan meningkatkan pelayanan publik SMA Negeri 2 Bantul semakin maju dan dapat dirasakan oleh siswa, guru, dan wali siswa.

 

A. E-Ngaruhke SMADABA

“e-ngaruhke smadaba” berasal dari kata “ngaruhke” artinya konfirmasi, menanyakan secara nyata, atau menerangkan. Dengan mengusung arti dari kata “ngaruhke” SMA Negeri 2 Bantul ingin memberikan pelayanan publik yang maksimal, cepat dan transparan bagi warga sekolah secara digital.

 

B. Tujuan Sistem Informasi Managemen E-Ngaruhke SMADABA

Apliakasi E-Ngaruhke SMADABA dikembangkan untuk menjadikan SMA Negeri 2 Bantul menjadi sekolah dengan pelayanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) yang dapat dirasakan warga sekolah. Pelayanan  tersebut meliputi informasi kegiatan, presensi siswa secara online, e-rapot, ujian online, e-learning serta pembayaran secara online. Dengan pelayanan secara online SMA Negeri 2 Bantul berupaya memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan transparan.

 

C. Desain e-ngaruhke smadaba

“e-ngaruhke smadaba” memiliki 8 fitur utama yang dapat di akses oleh siswa, guru, dan wali siswa antara lain :

1. Informasi Kegiatan

Menu ini memberikan informasi kegiatan apa saja yang sedang berlangsung setiap harinya kepada siswa, guru, dan wali siswa. Seperti kegiatan ekskul, even sekolah, PAS/PAT/USEK, dan lain-lain.

 

2. Presensi Online dengan wajah

Siswa :

Menu ini digunakan siswa untuk melakukan presensi datang dan pulang.

Wali siswa :

Wali siswa dapat mengetahui kehadiharan siswa setiap harinya.

Sekolah :

Sekolah merekap kehadiran siswa setia hari, bulan ataupun semester

 

3. E-Rapor

 Menu ini dapat berisi informasi tentang statistik penugasan dan melihat capaian hasil belajar.

Siswa :

Siswa dapat melihat capaian hasil belajar setiap semester

Wali siswa :

Wali siswa dapat melihat capaian hasil belajar siswa setiap semester


4. E-Learning

 Menu ini digunakan untuk aktivitas pembelajaran, penugasan secara online.

Guru :

Guru mengunggah materi dan penugasan saat pembelajaran online serta dapat memantau aktivitas siswa saat pembelajaran.

Siswa :

Siswa dapat mengakses pembelajaran dan penugasan yang di berikan oleh guru setiap harinya.

Wali Siswa :

Wali siswa dapat memantau siswa dalam mengikuti pembelajara, pengumpulan tugas, serta nilai penugasaan

 

5. CBT Online SMADABA

 Siswa :

Menu ini digunakan siswa saat melaksanakan ulangan harian, ujian sekolah, penilaian akhir semester.

 

6. Pembayaran Online

Sistem pembayaran SMAN 2 Bantul bekerjasama dengan salah satu platform Midtrans. Midtrans adalah salah satu perusahaan payment gateway yang memberi layanan pembayaran secara cepat dan mudah serta dapat dilakukan 24 jam terlebih dimasa pandemic covid 19, Midtrans dilengkapi dengan berbagai layanan pembayaran. Selain itu pembyaran juga sudah menggunakan virtual account sehingga memudahkan siswa atau wali siswa dalam melakaukan pembayaran melalui bank, mesin atm, mobile bangking, atau gopay. Setelah melakukan pembayaran sistem akan langsung memberikan notifikasi melalui sms ataupun WA.

Siswa:

Siswa melakukan pembayaran sumbangan menggunakan virtual account baik secara offline melalui bank ataupun online. Setelah mendapatkan notifikasi siswa dapat langsung melihat rekap pembyaran yang telah dilakukan.

Wali siswa :

Wali siswa melakukan pembayaran sumbangan menggunakan virtual account baik secara offline melalui bank ataupun online. Setelah mendapatkan notifikasi wali siswa dapat langsung melihat rekap pembyaran yang telah dilakukan.

 

7. Pengumuman

Menu pengumuman berisi informasi tentang agenda yang akan dilaksanakan, pengumuman kelulusan kelas XII, informasi pembayaran atau pun informasi penting terkait sekolah

 

8. Q n A

Menu Q n A bertujuan untuk membantu kesulitan siswa, wali siswa, dan guru apabila mengalami kuslitan dalam mengoperasika aplikasi e-ngaruhke SMADABA, serta memfasilitasi siswa apabila ingin mengajukan pertanyaan seputar kelanjutan study.

 

 

Dengan pengembangan aplikasi e-ngaruhke SMADABA berbasis android, ios, dan web diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik SMA Negeri2 bantul semakin cepat, tepat, dan transparan, serta memudahkan aktivitas pembelajaran siswa.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh warga sekolah selain kemudahan aktifitas pembelajaran siswa, wali siswa juga dapat mengetahui aktivitas siswa secara langsung dengan mengakses kehadiran siswa, penugasan yang telah dikirim, nilai ulangan dan tugas, serta informasi kegiatan terkait sekolah.

Sedangkan untuk kemudahan pembayaran sumbangan yang bekerja sama dengan platform Midtrans sebagai payment gateway yang berikan kemudahan pembayaran dengan menggunakan virtual account yang dapat dibayarkan  secara offline melalui teller bank, pembayaran secara online melalui mesin atm dan mobile banking, serta menggunakan e-money gopay. Setelah melakukan pembayaran siswa/wali siswa akan mendapatkan notifikasi melalui sms atau WA, serta dapat melihat langsung rekap pembayaran melalui aplikasi e-ngaruhke SMADABA.

Dengan lahirnya apliaksi e-ngaruhke SMADABA diharapakan menghadirkan wajah baru SMA Negeri 2 Bantul diera Revolusi industri 4.0 memberikan dampak perubahan yang  signifikan dalam bidang teknologi digital, terutama pelayanan publik untuk warga sekolah yang lebih cepat, tepat, mudah, dan transparan.

Berita terkait

Screenshot 2023-09-19 120341.png
2023 Tingkatkan Kreativitas Siswa
Selasa, 19 Sep 2023

SURE #4 2023 Tingkatkan Kreativitas Siswa   SMAN 2 Bantul bersama kegiatan kesiswaannya SRC (Smadaba Research Community) dengan sukses melaksanakan pameran penelitian siswa bertajuk SURE (Show Up Your Ideas) #4 yang dilangsungkan di Aula Soekarno. Pameran yang diikuti 22 peneliti muda dari kelas XI ini dibuka oleh Bapak Drs Isdarmoko M.Pd.  M.MPar., kepala Dikpora Kabupaten Bantul. Dengan bangga beliau berkenan untuk membuka acara ini. Dalam pidatonya, beliau berpesan agar generasi muda harus semangat dalam mendedikasikan ilmunya untuk pembangunan. “Agar nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak khalayak”.  Dalam kegiatan ini, para peneliti unjuk gigi dalam memamerkan hasil penelitiannya, baik yang sudah berbentuk produk maupun purwarupa (prototype). Dibagi dalam dua kelas sesuai dengan pembagian di tingkat nasional, terbagi dua kelas, masing - masing FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausaahan Siswa Indonesia) dan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) yang nantinya akan bersaing pula di tingkat provinsi.  Antusiasme yang luar biasa ditunjukkan tidak hanya peserta yang berkompetisi, namun juga para pengunjung yang hadir. Hari pertama SURE #4 dihadiri oleh pengunjung internal SMAN 2 Bantul, yang terdiri dari kelas X,XI, dan XII. Hari kedua, pameran dibuka untuk tamu undangan luar sekolah, yang dihadiri tamu undangan, mulai dari siswa hingga guru pendamping yang berasal dari wilayah Provinsi DIY.   Di hari kedua, juga dilakukan  penilaian untuk para peserta dari Sagasitas. Penilaian yang dibagi dalam dua kategori ini nantinya akan menentukan siapa yang akan menuju ke babak final. Para peserta yang berasal dari kelas XI ini menunjukkan beragam produk mulai dari kategori makanan siap santap, produk pakaian, kain, kriya, hingga produk berbasis bahasa pemrograman dan robotika. Diharapkan, produk penelitian ini dapat bersaing hingga tingkat nasional dan internasional.

Screenshot 2023-09-19 114120.png
Bupati Bantul Hadiri Launching E-Pemilos 2023
Selasa, 19 Sep 2023

Bupati Bantul Hadiri Launching E-Pemilos 2023  SMAN 2 Bantul melalui MPK sukses melaksanakan Pemilihan ketua OSIS ( Pemilos )secara hybrid dengan memakai Web Evos di hari Senin 4 September 2023. Pemilos yang terselenggara merupakan hasil kerjasama yang baik antara pihak sekolah, MPK, dan OSIS SMAN 2 Bantul.  Dihadiri Bupati Bantul, Bapak Abdul Halim Muslih. Beliau berkenan untuk membuka Pemilos di SMAN 2 Bantul sekaligus melaksanakan launching Web Evos sebagai web resmi KPU untuk pelaksanaan Pemilos 2023. Beliau menyampaikan bahwa Pemilos ini sebagai miniatur bagi setiap siswa untuk melaksanakan pemilihan umum, sesuai dengan mandat demokrasi yang berasaskan dari rakyat untuk rakyat. Beliau menegaskan bahwa Pemilos harus berdiri atas nilai integritas, nilai partisipasi, dan nilai tanggung jawab. "Para siswa yang saat ini duduk di bangku SLTP dan SLTA bukan hanya penerus perjuanagan bangsa, namun juga diharapkan mampu menjadi generasi pembaharu yang akan mewujudkan Indonesia yang lebih baik dimasa depan" tegas beliau.  Pemilos SMAN 2 Bantul digelar di TPS yang berlokasi tepat di Aula Soekarno. Diikuti oleh lebih dari 800 siswa, proses pemilihan berjalan lancar. Pemilos selesai pada pukul 14.00 dan dilaksanakan rekapitulasi pada pukul 14.50. Pada pengumuman rekapitulasi, paslon nomor urut satu mendominasi dengan hasil 72.67% suara, unggul jauh dari paslon nomor urut dua dengan meraup 15% dan paslon nomor urut tiga dengan 10% suara. Mutlak posisi ketua dan wakil jatuh pada paslon nomor urut satu.  Diharapkan, hasil pemilos ini mampu membawa angin perubahan ke arah yang lebih baik. Ibu Kepala sekolah SMAN 2 Bantul, Ibu Isti fatimah M.Pd yang hadir pada kesempatan tersebut merasa bangga dengan kesuksesan Pemilos 2023 ini. Beliau berpesan untuk selalu menjaga kerjasama yang baik antarpihak agar dapat dicapai kemajuan di SMAN 2 Bantul nantinya. (Falah Habib)

WhatsApp Image 2023-08-16 at 08.15.53.jpeg
Rohis
Rabu, 23 Agt 2023

OUTBOND SERU ROHIS AL-FALAQ SMADABA Hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2023 dilaksanakan outbond Rohis Al Falaq SMA Negeri 2 Bantul yang bertempat di Desa Wisata Pulesari, Turi, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 37 siswa dari kelas XI dan XII dan dua guru pendamping. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk tadabur alam, meningkatkan kekompakan, dan refreshing setelah satu tahun pelajaran melaksanakan berbagai event di sekolah.Acara dilaksanakan sejak pukul 10.30 sampai dengan pukul 14.00 WIB dengan materi dinamika kelompok, ketangkasan, susur sungai, dan diakhiri dengan refleksi. Rahmat Budiyanto, S. Pd dan Umi Hanik, M. Pd sebagai guru pendamping memberikan arahan kepada peserta, agar peserta mengikuti seluruh rangkaian acara outbound dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab. Peserta diimbau untuk menjaga kebersihan lokasi dan kelestarian lingkungan selama kegiatan. Mas Budi, trainer outbond dari Pulesari memberikan apresiasi yang tinggi atas kekompakan dan sportivitas peserta. (Rahmat Bio, 5/8/23).

1.png
Jurnalistik
Rabu, 23 Agt 2023

KUNJUNGAN REVOLUTIO JURNALISTIK Ta 2022/2023                 Revolutio jurnalistik sebagai salah satu ekstrakulikuler dan organisasi di SMAN 2 Bantul pada tanggal 15 Juli 2023 baru saja melaksanakan kegiatan kunjungan di Universitas Amikom. Kunjungan ini dimaksudkan sebagai wadah bagi siswa - siswi SMAN 2 Bantul yang tergabung di Revolutio Jurnalistik sebagai capacity building yang diharapkan bisa mengasah kemampuan siswa dalam dunia jurnalistik.                 Didampingi oleh pendamping Revolutio Jurnalistik Ibu Nur Khabibah S.Pd dan Pembimbing Bapak Adjie R. Priambodo, sebanyak 29 siswa mengikuti kegiatan tersebut. Diawali dengan apel pemberangkatan yang dilaksanakan di halaman depan SMAN 2 Bantul, siswa – siswi beserta pembimbing dan pendamping diepas oleh pihak sekolah yang diwakili Wakaur Kesiswaan Ibu Yakun Paristri S.Pd. Beliau berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut sebaik mungkin agar nantinya ilmu yang didapatkan maksimal dan dapat diaplikasikan.  Kunjungan yang dilaksanakan di Universitas Amikom tersebut diawali dengan tur untuk menyaksikan studio pembuatan film animasi MSV studio. Didampingi oleh staf yang bertugas, peserta mendapatkan penjelasan tentang produksi film Battle Of Surabaya yang menyabet banyak penghargaan hingga tingkat internasional dan penjelasan film animasi lainnya. Di lantai 2 terdapat stasiun radio MQFM Jogja, di sini peserta dijelaskan proses produksi siaran radio yang bertemakan agama dan dakwah tersebut. Tour dilanjutkan dengan kunjungan di Studio RBTV, salah satu televisi swasta di Yogyakarta yang bekerjasama dengan Kompas, salah satu media besar di Indonesia. Terdapat beberapa set di dalam studio yang nantinya digunakan untuk produksi acara di RBTV tersebut.                 Kunjungan di RBTV sebagai agenda utama tersebut di awali dengan sesi sharing yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama narasumber dari RBTV. Acara ditutup dengan penyerahan kenang – kenangan dan foto bersama.  Falah Habib Nurrohman sebagai ketua panitia pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi untuk pihak Amikom baik itu MSV studio, MQFM Jogja, dan RBTV yang telah menerima kunjungan pada kesempatan tersebut “Kami sangat mengapresiasi pihak Amikom terutama RBTV yang telah menerima kami dengan sangat baik, dan kami bersyukur tidak ada kendala dalam kunjungan tersebut, dan setelah beberapa pergantian jadwal, acara bisa berjalan sesuai rundown yang direncanakan” tuturnya.                 Acara dilajutkan kegiatan keakraban di Restoran Ndorogiri dan ditutup oleh Pendamping Kegiatan Ibu Nur Khabibah.   F. Habib