Menempati area seluas 15.000 m2, SMA Negeri 2 Bantul memiliki beragam sarana prasarana proses belajar mengajar dalam lingkungan yang sehat dan berbudaya Indonesia. Dilengkapi gardu listrik tersendiri dengan kapasitas 25.000 watt, SMAN 2 Bantul mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk seluruh ruangan. Gedung - gedung di SMAN 2 Bantul diberi nama dengan nama - nama pahlawan nasional sebagai upaya untuk menghargai pejuang - pejuang bangsa.

 

HALL Ir. SOEKARNO

Begitu memasuki gerbang SMAN 2 Bantul, akan menjumpai area parkir yang luas dan lapangan basket yang sekaligus digunakan sebagai tempat upacara bendera. Hall Ir. Soekarno berada di tengah, bersih dan terasa lapang, dengan jajaran tropi hasil prestasi siswa di sisi kanan dan kiri.

Hall ini digunakan untuk berbagai kegiatan. Mulai dari ekstra kurikuler, kegiatan olah raga, pentas seni, sampai pertemuan resmi. Di sisi kanan dan kiri hall merupakan ruang terbuka hijau, sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan terpenuhi.

Di luar hall terdapat loket bank yang digunakan untuk pembayaran kegiatan sekolah dan transaksi lainnya, dengan dilengkapi ruang tunggu yang nyaman.

SMAN 2 Bantul bekerja sama dengan Bank Bantul untuk melayani administrasi siswa. Koridor ini sekaligus merupakan area hot spot.

 

KARTINI MEETING ROOM DAN CUT NYA' DIEN MEETING ROOM

SMAN 2 Bantul memiliki dua ruang pertemuan. Cut Nya' Dien Meeting Room berada di sebelah selatan hall, dengan kapasitas 30 orang. Meeting room yang kedua adalah ruang Kartini, yang terletak di lantai 2 gedung Dewi Sartika. Dengan kapasitas 90 orang, ruangan ini digunakan untuk rapat dinas, pertemuan wali murid dan rapat koordinasi yang melibatkan seluruh guru dan karyawan. Kartini meeting room juga sering digunakan untuk kegiatan tingkat Kabupaten Bantul.

 

RUANG UKS “PERMATA SMADABA”

UKS yang bersih, representatif dan dilengkapi dengan obat - obatan standar, merupakan salah satu sarana yang ada di SMAN 2 Bantul. Dikelola oleh petugas UKS bersama - sama PMR binaan PMI Bantul, UKS Permata Smadaba menyediakan layanan periksa dokter setiap hari Senin. Konsultasi kesehatan dan konsultasi gizi dilaksanakan bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Puskesmas Bantul 1, Poltekes Kemenkes Yogyakarta dan sebagainya.

 

RUANG KELAS

SMA N 2 Bantul memiliki 27 ruang kelas. Terdiri atas 3 unit gedung yang masing - masing berupa bangunan 2 lantai. Gedung Ki Hajar Dewantara yang berada di sayap utara, memiliki 14 ruang kelas, 6 kelas di gedung dr. Soetomo dan lainnya berada di gedung Diponegoro. Ruang kelas merupakan kelas yang mempromosikan kesehatan.

Ruang kelas dilengkapi 3 buah tempat sampah untuk pemilahan sampah, wastafel di depan kelas, kipas angin, LCD, speaker, pencahayaan dan ventilasi sangat baik. Khusus kelas unggulan/ CI dilengkapi dengan AC dan komputer.

 

 RUANG LABORATORIUM

Tersedia laboratorium yang representatif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Laboratorium tersebut digunakan baik dalam kegiatan pembelajaran maupun pengembangan penelitian bagi siswa - siswa SMAN 2 Bantul. Diantaranya, lab. Fisika, Kimia, Biologi, Lab. Bahasa, Lab. IPS, Lab. Komputer dan Lab. Multimedia.

 

RUANG OSIS

Ruang Osis berada sederat dengan ruang UKS dan ruang BK. Osis memiliki kantin kejujuran sebagai upaya mendukung pendidikan anti korupsi di SMAN 2 Bantul.

 

RUANG BIMBINGAN KONSELING

Ruang BK sangat representatif untuk mendukung konsultasi siswa secara individual maupun kelompok. Ruang konsultasi kelompok didesain dengan suasana lesehan, dan ruang konsultasi individual didesain sedemikian rupa untuk menjamin kerahasiaan. Siswa rutin mendatangi ruang BK untuk berkonsultasi tentang perkembangan dan kelanjutan studi, informasi beasiswa maupun konsultasi seputar masalah remaja.

 

KANTIN SEHAT SMADABA

Kantin Sehat SMADABA diresmikan oleh Ibu Bupati pada tanggal 1 Februari 2013. Jajanan sehat, murah dan variatif. Terdapat 6 lokal kantin yang menyediakan beragam menu sehat, seperti bakso, soto, siomay, batagor, nasi rames, aneka roti dan minuman segar. Makanan dan minuman yang disajikan fresh dan dimasak di tempat. Secara berkala kantin sehat Smadaba mendapat kunjungan dan pengawasan dari Puskesmas dan Dinkes, sehingga jajanan yang tersedia memenuhi standar kesehatan dan kelayakan pangan.

Kantin sehat Smadaba telah mendapatkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan dan Piagam Keamanan Pangan Bintang Satu dari Badan POM RI.

 

PERPUSTAKAAN DEWI SARTIKA

Perpustakaan SMAN 2 Bantul berada di gedung Dewi Sartika, dengan koleksi puluhan ribuan buku. Dilengkapi dengan AC dan internet, perpustakaan SMAN 2 Bantul sudah menggunakan sistem digital. Dilengkapi dengan satu ruang resensi yang berkapasitas 40 orang dengan fasillitis LCD, AC, dan Komputer, sehingga dapat juga digunakan untuk pembelajaran.

Buku - buku yang ada meliputi buku mata pelajaran, buku pengetahuan umum dan populer, buku referensi, buku - buku penunjang olimpiade sains, buku cerita, novel sastra, dan sebagainya. Pengunjung bisa meminjam 2 buku dalam seminggu dan dapat memperpanjang masa pinjam dengan menghubungi petugas perpustakaan.

 

RUANG IBADAH

Ruang ibadah di SMAN 2 Bantul berupa sebuah masjid, satu ruang agama Katholik dan satu ruang agama Kristen. Masjid dilengkapi dengan serambi yang luas dan perpustakaan yang dikelola oleh Rohis Smadaba. Ruang agama Katholik dan Kristen didesain untuk kegiatan pembelajaran dan peningkatan keimanan yang dilaksanakan di luar KBM pagi. Ruang ibadah di SMAN 2 Bantul merupakan sentra kegiatan pengembangan toleransi, persaudaraan dan keimanan masing - masing.Masjid Al-Falaq SMAN 2 Bantul telah mendapatkan sertifikasi Arah kiblat dari Kemenag Kabupaten Bantul. selain sebagai ruang ibadah, masjid Al- Falaq juga digunakanuntuk pembelajaran dan kegiatan keagamaan lainnya.

 

KAMAR MANDI DAN TEMPAT CUCI TANGAN

Kamar mandi siswa dan guru terpisah antara laki – laki dan perempuan. Masing – masing dilengkapi dengan peralatan kebersihan, sabun, lap, tempat sampah dan sikat kamar mandi. Kebersihan kamar mandi menjadi tanggung jawab semua warga sekolah. Secara berkala, kader Jumantik melakukan pemantauan dan pemberantasan jentik – jentik nyamuk untuk menciptakan Smadaba bebas demam berdarah dan malaria. Siswa kader kamar mandi melakukan pengecekan alat kelengkapan dan kebersihan kamar mandi.

Salah satu sarana pembiasaan PHBS adalah penyediaan wastafle di depan setiap kelas, di dalam ruang UKS, di depan setiap gedung, laboratorium dan kantin sekolah. Wastafle dijaga dan dirawat secara berkala oleh kader kamar mandi dan peturasan, serta semua warga SMAN 2 Bantul pada umumnya.

 

HALAMAN SEKOLAH DAN LAPANGAN OLAH RAGA

Halaman sekolah digunakan untuk kegiatan upacara bendera. Lapangan olah raga di SMAN 2 Bantul berupa lapangan basket, lapangan volley, hall yang bisa digunakan untuk bulutangkis, senam dan kegiatan olahraga indoor lainnya.Sekolah juga menyediakan tempat parkir kendaraan yang memadai untuk siswa, guru karyawan dan tamu yang berkunjung ke SMAN 2 Bantul.

Ruang hijau terbuka didesain  sebagai taman yang indah dan sejuk. Jalan - jalan di taman bersih dan terawat, dinaungi koridor hijau yang menghubungkan antar gedung. Ruang hijau terbuka dilengkapi green house untuk pembelajaran lingkungan hidup bagi siswa, bangku - bangku taman yang tertata dan puluhan burung gereja yang hidup bebas menambah sejuk suasana sekolah.

Keamanan di lingkungan SMAN 2 Bantul terpantau lewat CCTV yang dipasang di setiap bagian sekolah, baik di halaman maupun di dalam ruangan.

 

APOTIK HIDUP DAN TOGA

Apotik hidup merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di SMAN 2 Bantul. Kebun Toga memanfaatkan lahan – lahan di sela – sela bangunan ataupun pinggir tembok sekolah. Secara rutin, siswa kader TOGA merawat tanaman apotek hidup dan memanfaatkannya dalam pembuatan jamu instan yang merupakan salah satu ketrampilan siswa kader TOGA.

 

SUMBER AIR BERSIH

sumber air bersih di SMAN 2 Bantul berupa 9 sumur galian atau sumur bor yang tersebar di lingkungan sekolah. Salah satunya digunakan sebagai sumber air minum, sedang lainnya digunakan untuk pengairan, air bersih di kamar mandi maupun di laboratorium. Satu sumur di gunakan sebagai sumber air bersih di kantin sehat.

Sebagai sumber air untuk konsumsi, air di SMAN 2 Bantul sudah diperiksa oleh Puskesmas Bantul 1 dan dinyatakan layak konsumsi berdasar standar kesehatan air minum, diantaranya kadar logam, pH, kehadiran mikroorganisme patogen, terutama E. Coli, serta berbagai parameter kimia maupun fisik lainnya

Agenda

Juli 2017
MonTueWedThuFriSatSun
 
 
 
 
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31