Assalamu'alaikum Wr.Wb.Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Murah yang telah melimpahkan berkat, rahmat dan hidayahNya, sehingga pada kesempatan ini kita tetap diberikan kekuatan dan kesehatan. 
Sejalan dengan Surat Keputusan Bersama Menteri LH – dengan Mendiknas, Nomor : Kep 07/MenLH/06/2005 dan  Nomor : 05/VI/KB/2005 Tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup, juga Permen LH Nomor : 02 Tahun 2009 jo Nomor : 05 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, SMA Negeri 2 Bantul yang senantiasa berkomitmen untuk menjadi Sekolah Unggul dan Berprestasi, sudah sejak awal 2013 merintis Sekolah Adiwiyata dan juga telah meraih predikat sebagai Juara Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional.

Bagi SMA Negeri 2 Bantul, predikat "JUARA" bukanlah tujuan akhir dari gerakan kami, karena semangat dan komitmen kami dalam Adiwiyata ini adalah mewujudkan seluruh warga sekolah dalam pemahaman dan kesadaran akan tanggung jawab terhadap perlindungan, pelestarian, dan pengelolaan  lingkungan hidup secara berkelanjutan.Semangat dari para siswa di bawah bimbingan guru, karyawan, pengurus Dewan Sekolah, BLH dan TP Adiwiyata Kabupaten Bantul serta dukungan masyarakat --- sangat luar biasa tentupatut kita apresiasi. Para kader dalam devisi yang berjumlah 11 devisi siap kerja keras dengan semangat, ikhlas dan kompak. Perlu kami sampaikan, bahwa sejalan dengan realisasi 4 (Empat) Komponen Utama Sekolah Adiwiyata, di SMADABA telah dlaksanakan berbagai kegiatan sbb : Untuk Komponen Kebijakan Berwawasan Lingkungan bisa dilihat dari Visi dan misi sekolah yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan; Upaya penghematan sumber daya alam; Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Disamping itu, kebijakan sekolah yang tertuang dalam Kurikulum (KTSP) dan juga dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RAKS) telah memuat kebijakan sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup;
Untuk Komponen Kurikulum Berbasis Lingkungan  sekolah telah melaksanakan Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran yaitu dalam kegiatan Outdoor; Pengintegrasian PLH yang membahas materi dan persoalan lingkungan hidup dalam Mata Pelajaran; Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya; dan Pengembangan kegiatan ko maupun ekstra kurikuler dan penelitian siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup telah banyak dilakukan, bahkan telah berhasil meraih Medali Kejuaraan di Tingkat Nasional.
Dalam Komponen Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipasif, SMADABA telah memiliki Kader Penggerak Masyarakat; Kader Kebersihan lingkungan dan halaman; Kader 9 ;  Kader Jumantik, KM dan Peturasan; Kader Pengelolaan Sampah, Pengomposan dan kegiatan 3 R. Banyak sekali kegiatan kreatif dari daur ulang sampah yang dilakukan siswa dan menjadi hasil karya yang bernilai tinggi. Beberapa kegiatan telah banyak dilakukan, antara lain Kerja Bakti massal warga SMA N 2 Bantul  bersama Polsek, Koramil, Guru/karyawan dan siswa SMP, serta Instansi terdekat; Gerakan Hemat Energi dan Air dengan membagikan Stiker dan Bunga Hasil Daur Ulang Sampah; Kampanye Sayang Pohon dengan pencabutan Paku pada pohon-pohon di Jalan Utama Bantul, Kampaanye Engine OFF di lingkungan sekolah.    Disamping itu, kami telah melakukan kerja sama  dan bahkan penanda-tanganan MoU dengan berbagai pihak dari antara lain : Bank Sampah Badegan, Polsek, Polres, Koramil, Dinas Kesehatan, Puskesmas, BPBD, BLH,  Poltekes Kemenkes Yogyakarta, dan masih banyak lagi.....yang ini semua kami lakukan dalam rangka membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
Selanjutnya untuk Komponen Pengelolaan sarana pendukung yang Ramah Lingkungan, sekolah telah mengusahakan ketersediaan sarana untuk pendidikan lingkungan hidup; Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan dengan mewujudkan sekolah sebagai kawasan bebas rokok, kawasan bebas narkoba, dan kawasan hijau dengan RTH yang sangat memadai. Disamping itu di lingkungan SMA N 2 Bantul ini juga dikembangkan agar ekosistem dapat terpelihara dengan baik. Banyak habitat yang eksis antara lain : habitat Semut Pohon Merah, habitat Bunglon, habitat Burung Pipit Jawa, habitat ikan nila, bawal, gurame, dll. Sekolah juga telah melakukan berbagai upaya untuk Penghematan sumberdaya alam (listrik, air, dan ATK); serta Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat, serta Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih kepada Pemda, BLH dan Dinas Dikmenof Kabupaten Bantul,  yang senantiasa memberikan dukungan, dorongan dan semangat kepada SMA N 2 Bantul untuk terus menerus maju. Demikian juga kepada seluruh Mitra serta siswa, Dewan Guru dan Karyawan, Pengurus Dewan Sekolah, masyarakat, juga semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung Sekolah Adiwiyata ini. Untuk itu semoga segala amal baik dari Bapak/Ibu/anak-anak ku sekalian dan mendapatkan imbalan dari Allah Yang Maha Murah. Kepada Tim Penilai, kami haturkan sepenuhnya dan barangkali dalam penyambutan kami banyak kekurangannya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami tetap mengharapkan saran, masukan dan bimbingannya.
Demikian sambutan kami, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.   

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Agenda

November 2017
MonTueWedThuFriSatSun
 
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30